Tanaman Penghancur Batu Ginjal : Tempuyung

Batu Ginjal

Batu Ginjal

Salah satu kandungan yang ada dalam tempuyung sebagai penghancur batu ginjal adalah kandungan senyawa kalium. Setidaknya manfaat itu telah dibuktikan dari hasil penelitian oleh almarhum Prof. Dr. Sarjito dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta menunjukkan, kandungan kalium dalam tempuyung dapat membantu menghancurkan batu ginjal.

Penelitian itu dilakukan Prof. Sarjito dengan merendam batu ginjal seseorang dalam rebusan daun tempuyung pada suhu kamar dan pada suhu 30-35 derajat celsius. Bahan percobaan tadi ada yang digoyang seperti gerakan tubuh manusia, ada pula yang tidak. Setelah itu batu ditimbang dan kalsium dalam larutan diukur secara kimia. Hasilnya, semua batu ginjal berkurang bobotnya.

Sarjito juga meneliti daya penghancuran batu ginjal manusia dengan melakukan pemeriksaan kristal dalam air seni dan dengan menggunakan sinar rontgen. Hasilnya diketahui, tempuyung dapat menghancurkan batu ginjal. Sayangnya, sampai sekarang belum diketahui senyawa yang melarutkan atau menghancurkan batu ginjal. Tapi hasil penelitian lain membuktikan, kandungan kalium inilah yang berperan dalam penghancuran batu ginjal.

Di dalam daun tempuyung itu terkandung kalium berkadar cukup tinggi. Kehadiran kalium ini membuat batu ginjal, berupa kalsium karbonat, tercerai berai, karena kalium akan menyingkirkan kalsium untuk bergabung dengan senyawa karbonat, oksalat, atau urat yang merupakan pembentuk batu ginjal. Hingga akhirnya endapan batu ginjal itu larut dan hanyut keluar bersama urine.

Seputar Tanaman Tempuyung

Tempuyung

Tempuyung

Tempuyung yang nama latinnya Sonchus arvenshis L. dan termasuk ke dalam famili tumbuhan compositae ini biasa tumbuh di tempat-tempat yang terlindung. Daunnya hijau licin dengan sedikit ungu, tepinya berombak, dan bergigi tidak beraturan. Di dekat pangkal batang, daun bergigi itu terpusar membentuk lekukan dan yang terletak di sebelah atas memeluk batang berselang seling.

Secara fisik, tanaman ini memiliki rasa pahit dan bersifat mendinginkan. Pada prinsipnya, semua bagian tanaman ini bisa dimanfaatkan. Tapi yang paling sering adalah bagian daunnya. Tumbuhan ini dikenal sebagai herba semusim dengan tinggi bisa mencapai 2 meter, tumbuh liar di tempat terbuka atau sedikit terlindung, seperti di tebing, tepi saluran air, di sela-sela batu, dan tumbuh pada daerah dengan ketinggian 50 – 1.650 meter dari permukaan laut.

Tempuyung juga punya nama beragam di tiap-tiap daerah. Di Jawa sering disebut galing, jombang, jombang lalakina, lempung, lampenas, rayana (Sunda), tempuyung (Jawa Tengah). Cara perbanyakan tanaman ini menggunakan biji. Pemeliharaannya juga mudah, seperti halnya tanaman lain, Cuma butuh cukup air untuk menjaga kelembaban tanah dan pemupukan terutama pupuk kandang.

Kandungan kimia tanaman tempuyung

Tanaman tempuyung merupakan tanaman obat (Herball) terutama daunnya diketahui memiliki kandungan kimia saponin, flavonoida, politenol, alfa-lactucerol, beta-lactucerol, manitol, inositol, silika, kalium, taraksasterol.

Kandungan kimia yang ada dalam daun tempuyung selain sebagai penghancur batu ginjal juga memiliki efek farmakologis untuk menghilangkan rasa panas dan racun, diuretik (peluruh kencing), penghancurkan batu ginjal dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Cara konsumsi daun tempuyungpun sangat mudah. Lembaran daun tempuyung dapat digodok dan diminum, bisa juga pakai kemasan praktis berupa kapsul daun tempuyung atau teh celup daun tempuyung.

ARTIKEL LAINNYA

Cara alami turunkan kolestrol LDL (Low Density Lipoprotein)

APA ITU KOLESTROL?

kolestrol intiherbal.web.idKolesterol adalah senyawa lemak kompleks, yang 80% dihasilkan dari dalam tubuh (organ hati) dan 20% sisanya dari luar tubuh (zat makanan) untuk bermacam-macam fungsi di dalam tubuh, antara lain membentuk dinding sel.

Kolesterol yang berada dalam zat makanan yang kita makan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Tetapi, sejauh pemasukan ini seimbang dengan kebutuhan, tubuh kita akan tetap sehat. Kolesterol tidak larut dalam cairan darah, untuk itu agar dapat dikirim ke seluruh tubuh perlu dikemas bersama protein menjadi partikel yang disebut Lipoprotein, yang dapat dianggap sebagai ‘pembawa’ (carier) kolesterol dalam darah .  Selengkapnya

Hipertensi (Darah tinggi) Kenali Gejalanya

Tensi darahDarah tinggi atau hipertensi diistilahkan dengan “Sillent Killer”, karena gejala fisik secara umum tidak nampak tapi berpotensi sangat merusak bagi sistem tubuh secara keseluruhan. Banyak orang tidak tahu tekanan darah pada ambang batas yang bisa menyebabkan gejala lanjutanseperti jantung dan stroke parah. Kenali  sejak dini gejala hipertensi: selengkapnya

MENGENAL STROKE

StrokeStroke adalah gangguan saraf otak yang disebabkan oleh kerusakan pembuluh darah di otak, yang terjadi dalam tempo sekitar 24 jam atau lebih. Boleh dikatakan serangan stroke terjadi mendadak dan sulit diprediksi, berlangsung sekitar 15-an menit.Selengkapnya

Demam Berdarah. WASPADAI KOMPLIKASINYA

DbdDemam berdarah atau DBD adalah suatu penyakit yang menjadikan penderita. mengalami rasa nyeri yang luar biasa, seolah-olah terasa sakit hingga ke tulang.

Dimana penyebab DBDadalah virus yang ditularkan melalui gigitan nyamuk. Dan merupakan penyakit yang mewabah secara tiba-tiba dan menjangkiti ribuan orang dalam waktu singkat. Indonesia dalam masalah DBD ini menduduki peringkat kedua penderita DBD setelah Brazil. Ini merupakan peringat tertinggi di asia tenggara. Selengkapnya

Radang Prostat (prostatis) Apa Faktor Penyebab dan Pengobatannya

prostatTaukah Andari bahwa Lebih Dari 53% pria berumur 50 Tahun KE differences menderita radang prostat (prostatis). Penyakit Suami Beroperasi Umum Terjadi KARENA Penderita sebelumnya mengalami radang Saluran kemih berulang-ulang Yang kemudian menyebabkab adanya Infeksi Bakteri Esherichia coli Diposkan, klebsiella, pseudomonas, Dan golongan coccus. Selengkapnya